Keberagaman makhluk hidup di lingkunganku

SUB TEMA 2 Kelas IV, Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku.
Selain tumbuhan, hewan juga merupakan sumber daya alam yang perlu terus dijaga keseimbangan dan
kelestariannya. Jika tidak, maka hewan-hewan tersebut akan menjadi langka dan punah. Seperti yang terjadi pada burung cendrawasih. Ayo, kita cari tahu lebih lanjut!
Hewan dilindungi
Burung cendrawasih disebut juga sebagai burung surga. Burung yang menjadi maskot Papua ini memiliki warna bulu yang indah. Bahkan, kabarnya karena keindahannya itu juga burung ini jarang turun ke tanah atau seringnya terbang di udara dan hinggap di dahan pohon.
Warna bulu cendrawasih yang mencolok biasanya merupakan kombinasi beberapa warna seperti hitam, cokelat, oranye, kuning, putih, biru, merah, hijau dan ungu. Burung ini semakin molek dengan keberadaan bulu memanjang dan unik yang tumbuh dari paruh, sayap atau kepalanya.
Warna yang bermacam-macam menjadi salah satu penanda dalam mengelompokkan jenis mereka. Habitat aslinya di hutan-hutan lebat, yang umumnya terletak di daerah dataran rendah dan hanya dapat ditemukan di Indonesia bagian timur.
Burung cendrawasih mati kawat adalah jenis yang menjadi identitas provinsi Papua. Masyarakat di Papua sering menggunakan bulu cendrawasih sebagai pelengkap atau hiasan dalam pakaian adat mereka.
Keberadaan burung cendrawasih kian lama kian terancam. Perburuan dan penangkapan liar serta kerusakan habitat menjadi beberapa penyebab utama. Bulu cendrawasih juga diperdagangkan, digunakan sebagai penghias topi wanita di Eropa. Tapi kini burung cantik ini menjadi jenis satwa yang dilindungi.
Beberapa jenis cendrawasih yang masuk dalam daftar dilindungi antara lain cendrawasih kuning kecil, cendrawasih botak, cendrawasih raja, cendrawasih merah, dan toowa.
Sumber: indonesia.travel (dengan pengubahan).
Jawablah pertanyaan berikut.
* Jelaskan mengapa burung cendrawasih menjadi salah satu sumber daya alam yang menjadi kebanggaan rakyat Papua dan dilestarikan?
Karena Burung ini sangat indah bulunya.
* Keberadaan burung cendrawasih kian lama kian terancam?
Apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi? Karena banyak di buru untuk diambil bulunya, atau di pelihara di rumah-rumah, dan diperdagangkan. Kerusakan habitat juga mendi sebabnya.
*  Apa yang bisa dilakukan untuk menjaga kelestarian burung cendrawasih?
Dijadikan hewan yang dilindungi dan tidak boleh diburu, perburuan burung ini dapat dikenai hukuman.
*  Bagaimana kaitan antara perilaku manusia dengan kelangkaan burung cendrawasih? Deskripsikan!
Manusia berusaha memburu burung sebanyak-banyaknya bahkan menjualnya untuk kepentingan diri sendiri, sehingga karena banyaknya pemburu, burung tersebut terancam habis atau punah.
–  Bagaimana pendapatmu tentang perilaku manusia tersebut? Perbuatan yang keliru.
– Apa akibatnya jika burung cendrawasih punah? Genereasi penerus mendatang tidak lagi bisa menikmati keindahan burung tersebut.
 Pilihlah hewan yang paling menarik buatmu. Buatlah daftar pertanyaan. Daftarmu harus memuat:
– Tempat tinggal hewan (dataran tinggi, dataran rendah, pantai).
– Manfaat.
– Cara melestarikan dan menjaga keseimbangan hewan sebagai sumber daya alam.
– Ciri-ciri hewan atau bagian hewan.
Selain cendrawasih, masih banyak hewan lainnya yang harus kita lindungi. Di sekitarmu tentunya banyak hewan yang menarik perhatianmu. Ayo, kita belajar lebih banyak mengenai hewan.
Kupu-kupu.
Kupu-kupu merupakan serangga. Kupu-kupu biasanya memiliki warna yang indah cemerlang. Kupu-kupu merupakan salah satu dari sedikit jenis serangga yang tidak berbahaya bagi manusia. Daur hidup kupu-kupu bermula dari telur yang melekat di daun, kemudian matang dan menetas setelah 5 sampai dengan 10 hari dan menjadi larva (ulat).
Setelah 2 minggu, larva (ulat) membentuk kepompong dan menjadi pupa yang bergantung di ranting atau daun selama 2 sampai dengan 3 minggu. Setelah beberapa waktu, kupu- kupu dewasa keluar dari kepompong.
Kupu-kupu dikenal sebagai serangga penyerbuk tanaman yang membantu bunga-bunga berkembang menjadi buah. Bagi petani dan orang pada umumnya, kupu-kupu ini sangat bermanfaat untuk membantu jalannya penyerbukan tanaman.
Kupu-kupu hidup di dataran tinggi dan di dataran rendah. Kupu-kupu Indonesia banyak ragamnya dibandingkan dengan kupu-kupu dari negara tetangga.



Kupu-kupu Sayap Burung Peri, ditemukan di Papua. 
Kupu-kupu Raja, ditemukan di Jawa dan Sumatra. 
Kupu-kupu Trogon, ditemukan di Kalimantan.
Tidak sedikit penggemar kupu- kupu. Warnanya yang indah sangat menarik perhatian banyak orang. Oleh sebab itu, perburuan kupu-kupu sering terjadi. Hal ini tentunya sangat merugikan bagi kelangsungan kupu-kupu maupun makhluk lainnya.
Tahukah kamu manfaat kupu-kupu?
Kupu-kupu membantu penyerbukan tanaman. Hal ini tentunya bermanfaat untuk kelestarian tanaman tersebut.
Bersama temanmu, jawablah pertanyaan berikut.
1. Apa akibatnya apabila kupu-kupu punah? Jawab : Penyerbukan Tanaman terganggu, sehingga tanaman tidak berbuah, dan bisa juga punah karena tidak ada bibit baru.
2. Apa yang bisa kamu lakukan untuk melindungi kupu-kupu?  Jawab : tidak menanngkap , tidak membunuh, membiarkan telur dan ulat-ulat kupu-kupu. 
3. Di mana kupu-kupu hidup? Jelaskan!  di udara dan darat yaitu daun dan dahan tanaman.
Kamu telah mengetahui tentang manfaat penting hewan bagi keseimbangan lingkungan. Nah, sekarang kamu bisa ikut berperan serta untuk menjaga kelestarian hewan dengan membuat poster. Buatlah sebuah poster yang berisi ajakan untuk menyayangi dan merawat hewan. 
Pilihlah satu jenis hewan yang kamu sukai.
Buat posternya dengan memperhatikan kriteria berikut: Poster berisi informasi tentang:
– Nama hewan dan ciri-ciri khususnya.
– Habitat hewan (pantai, dataran rendah, dataran tinggi)
– Manfaat hewan tersebut bagi masyarakat sekitarnya.
– Keberadaan hewan saat ini, penyebab hewan menjadi langka (jika hewan pilihanmu adalah hewan langka).
– Ajakan berupa upaya-upaya untuk menjaga kelestarian hewan.
– Kalimat yang digunakan harus menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
Kamu dapat menggunakan karton dengan ukuran yang cukup besar untuk dapat terbaca dari jarak yang cukup jauh. Jika tidak terdapat karton, kamu bisa menggunakan bagian belakang dari kalender bekas. Buatlah postermu semenarik mungkin. Kamu bisa menambahkan gambar ilustrasi atau foto hewan pilihanmu. Kamu bisa melakukan kampanye untuk teman-teman di sekolah menggunakan postermu, dan kemudian dipajang di sekitar sekolah sehingga teman-teman akan terinspirasi untuk ikut serta menyayangi dan merawat hewan.
Untuk mengetahui daur hidup tumbuhan kacang, tanamlah biji kacang hijau di rumah bersama orang tuamu! Letakkan dalam gelas plastik bening bekas yang telah diberi kapas, lalu letakkan beberapa butir kacang hijau di atasnya.
Tingkatkan rasa tanggung jawabmu dengan menyiram dan merawatnya setiap hari. Catatlah pertumbuhan biji kacang hijau tersebut selama 6 hari dalam tabel berikut.
Pembelajaran 2.
Apakah kamu punya hewan peliharaan? Apa yang harus kita lakukan terhadap hewan peliharaan kita?
Dayu dan si Mungil. 
Sudah sejak lama Dayu ingin punya binatang peliharaan. Dayu ingin memelihara kucing. Dulu, ibu berjanji Dayu boleh memelihara kucing ketika Dayu sudah cukup besar. Kata ibu, Dayu bisa mempunyai binatang peliharaan jika sudah mandiri dan bisa bertanggung jawab.
Sekarang Dayu sudah kelas 4 SD. Senang sekali hatinya ketika suatu hari ibu memberinya ijin untuk memelihara seekor kucing. Setiap sore, kucing belang berwarna hitam-putih itu berkeliaran di halaman rumah Dayu. Dayu memberinya nama Si Mungil, sesuai dengan tubuh mungilnya.
Benar kata ibu, ternyata memelihara binatang membutuhkan tanggung jawab. Pantas saja. Seandainya Dayu masih kecil, belum mandiri dan belum bisa mengurus dirinya sendiri, tentu Si Mungil menjadi tidak terurus. Setiap hari, Dayu bertanggung jawab untuk memberi makan Si Mungil. Dayu juga harus menjalankan kewajiban untuk membersihkan kotoran si Mungil. Ibu juga meminta Dayu untuk rutin membersihkan keranjang tidur Si Mungil.
Dayu pun menjalankannya dengan senang hati. Ia sayang pada Si Mungil. Dayu tahu, ia harus memberi hak Si Mungil untuk hidup terurus, nyaman, dan senang tinggal bersama Dayu. Ibu memberi Dayu hak memelihara binatang. Dayu pun harus menjalankan kewajiban untuk mengurus kebutuhan Si Mungil.
Berdasarkan teks di atas diskusikan pertanyaan berikut.
1. Hewan apa yang dipelihara Dayu?  kucing.
2. Bagaimana perasaan Dayu ketika memelihara hewan peliharaan? senang.
3. Apa yang dilakukan Dayu terhadap hewan peliharaannnya? rajin merawat, memberi makan, membuang kotorannya.
4. Apakah Dayu sudah mendapatkan haknya?Jelaskan. Ya; bisa memelihara kucing, dan merasa senang.
5. Apakah Dayu sudah melaksanakan kewajibannya? Jelaskan. Ya, dengan memelihara, dan memiliki tanggung jawab.
6. Apakah Dayu sudah melaksanakan hak dan kewajibannya secara seimbang? Hooh. ya.
Tulislah hak dan kewajiban kita terhadap hewan peliharaan.
Tulislah hak-hak kamu ketika memelihara hewan :
  • Bisa memelihara Hewan.
  • Mendapat kesenangan karena memelihara hewan.
  • Mendapat tanggung jawab.
Tulislah kewajibanmu ketika memelihara hewan :
  • Membersihkan kandang.
  • Memberi makan dan minum
  • Memberi tempat tinggal yang layak.
  • Tidak menyiksa hewan.
 Kewajiban – Dampak bagi hewan – Dampak bagi lingkungan sekitar.
  • Memberi makan-minum ,
    Dampak bagi hewan : Hewan tumbuh dengan baik dan tidak sakit.
    Dampak bagi Lingkungan : Bila hewan sehat, maka lingkungan juga menjadi sehat.
  • Memberi tempat tinggal yang layak,
    Dampak bagi hewan : Hewan dapat beristirahat dengan baik, dan terjaga kesehatannya.
    Dampak bagi lingkungan : hewan tidak berkeliaran di lingkungan, lingkungan menjadi sehat.
  • Membersihkan Kandang,
    Dampak bagi hewan : hewan menjadi nyaman dan sehat.
    Dampak bagi lingkungan : hewan sehat, lingkungan juga sehat.
Ketika kita mempunyai hewan peliharaan kita wajib merawatnya. Ketika kita merawatnya dengan baik akan membuat hewan peliharaan kita sehat. Misalkan memberi makan, membersihkan, memberikan tempat yang bersih, mengobati jika sakit, dan menyayanginya. Bayangkan jika hewan peliharaan kita kotor pasti akan mengganggu lingkungan.


1. Apa itu mozaik? Mosaik adalah seni menciptakan gambar dengan menyusun kepingan-kepingan kecil berwarna dari kaca, batu, biji-bijian, atau bahan lain.
2. Bagaimana teknik membuatnya?  dengan menempel menurut pola tertentu.
3. Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan saat membuat mozaik? sesuai pola, dan pilihan biji dan warna yang cocok.
Mozaik merupakan karya seni rupa dua atau tiga dimensi. Mozaik ini menggunakan bahan dari keping-keping yang dipotong-potong atau utuh (misalkan biji-bijian). Teknik membuatnya dengan ditempel dengan lem pada bidang datar. Bahan-bahan yang bisa digunakan untuk mozaik adalah kertas tebal, daun, biji- bijian, kepingan kaca, pecahan keramik dll. Pada umumnya mozaik tidak diwarnai. Pembuat mozaik mengkreasikan komposisi warna dari bahanbahan yang ditempel.
Sekarang, berkreasilah membuat mozaik bertema hewan dari biji-bijian. Ikuti langkah-langkah berikut.
Bahan: Biji-bijian: Kacang hijau, kacang kedelai, kacang hitam dan kacang- kacang lainnya yang berukuran hampir sama
Langkah pembuatan Mozaik :
1. Siapkan Bahan dan Gambar pola gambar tentang keberagaman Indonesia di kertas gambar (A4).
2. Berilah lem pada bidang gambar.
3. Tempelkan biji-bijian dengan rapi.
4. Pehatikan komposisinya warnanya.

Sumber : http://gretha.my.id/audiobuku/sd4-tema-3-peduli-terhadap-makhluk-hidup-bagian-2-keberagaman-makhluk-hidup-di-lingkunganku/

Komentar